This is Cremona

Foto saya
bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Bidang Karya Tulis UKMF BKT Cremona Universitas Lampung Jl. Prof. DR. Soemantri Brojonegoro No.1 Rumah Ferrocement Fakultas Teknik Gedong Meneng Bandar Lampung 35145

Rabu, 28 Desember 2011

Praktikum oh Praktikum


Praktikum. Itulah yang menjadi kesibukan dan rutinitas anak- anak Fakultas Teknik UNILA menjelang setiap akhir semester. Praktikum memang hal yang wajar untuk setiap Fakultas di perguruan tinggi Indonesia, akan tetapi menjadi sebuah masalah saat jadwal praktikum yang tidak konsisten dan sering kali tidak terkoordinasi jadwal satu praktikum dengan praktikum yang lainnya,sehingga seringkali mahasiswa harus mengorbankan matakuliahnya. Dan juga,jadwal praktikum yang seringkali dekat dengan jadwal UAS.

Sebagai indikator kelulusan sebuah mata kuliah (3 sks), praktikum adalah hal yang mutlak untuk dilakukan dan dijalankan oleh mahasiswa yang bersangkutan jika menginginkan lulus dari mata kuliah yang diambil. Hal ini tidak akan menjadi beban bagi mahasiswa bila pelaksanaan praktikum dilakukan tidak bersamaan atau praktikum dilakukan saat awal atau pertengahan kuliah. Selama ini praktikum – praktikum yang ada selalu dilakukan pada saat menjelang akhir semester perkuliahan. Tentunya ini menjadi sebuah beban tersendiri bagi mahasiswa.

Sebenarnya kejadian diatas dapat diminimalisir oleh fakultas dengan mengambil kebijakan bahwa setiap praktikum yang dilakukan harus mampu membuat mahasiswa nyaman dengan fasilitas dan ke-kooperatifan semua pihak, bukan membuat mahasiswa menjadi tertekan. Bukankah salah satu indikator tingkat keberhasilan pendidikan adalah menciptakan suasana adiktif terhadap pembelajaran kelas.

Faktor lain yang menjadi penghambat selama ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana di laboratorium terutama alat dan bahan. Alat dan bahan yang ada di lab kondisinya sudah terbilang tua serta terkadang bahan untuk praktikum kadang tidak ditemukan. Hal ini berdampak pada persiapan dalam praktikum. Sehingga keefektifan pada semua pratikum kurang dapat terwujud dengan baik dan efisien.

1 komentar: