This is Cremona

Foto saya
bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Bidang Karya Tulis UKMF BKT Cremona Universitas Lampung Jl. Prof. DR. Soemantri Brojonegoro No.1 Rumah Ferrocement Fakultas Teknik Gedong Meneng Bandar Lampung 35145

Kamis, 31 Oktober 2013

BKSTM dan SNTTM ke - XII Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung


PESERTA, PEMATERI DARI ASME dan JSME


PANITIA BKSTM dan SNTTM ke - XII

PEMENANG LOMBA RANCANG BANGUN III

TEKNIK MESIN Universitas Lampung tahun ini menjadi tuan rumah Musyawarah Badan kerjasama Teknik Mesin se-Indonesia (BKSTM) dan  mengadakan Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin ke - XII (SNTTM)  di ikuti oleh sekitar 300 peserta dari hampir seluruh Universitas ternama di Indonesia.
Rangkaian acara yang diadakan tanggal 23-24 oktober 2013 tersebut meliputi ,Lomba Rancang Bangun Mesin III,Kuliah Umum, Musyawarah Anggota BKSTM XII dan Seminar Nasional , dan Workshop bekerjasama dengan Japan Society of Mechanical Engineering (JSME). Musyawarah Anggota BKSTM XII di buka oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr.Ir. Sugeng P Hariyanto, M.S pada tanggal 23 oktober 2013 pukul 08.00 WIB
“BKSTM - Indonesia merupakan suatu organisasi yang memiliki tujuan luhur yaitu berbagi informasi tentang Teknik Mesin,membentuk asosiasi Teknik Mesin di seluruh Indonesia, menyamakan kurikulum belajar dan lain sebagainya” Ungkap Bapak Gusri selaku salah satu dosen Jurusan Tekik Mesin dan koordinator panitia pelaksana untuk mahasiswa.
 Lomba Rancang Bangun yang diadakan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung bekerjasama dengan BKSTM - Indoesia diikuti oleh 10 tim terbaik yang telah mengikuti seleksi berkas dengan mengirimkan makalah terlebih dahulu dengan hasil  akhir juara 1 diraih oleh UGM, Juara II Institut Teknologi Sepuluh November, lalu Juara III berasal dari Universitas Indonesia , kemudian Juara Harapan I berasal dari Universitas Andalas dan Juara Harapan II berasal dari  Universitas Gajah Mada dengan tim yang berbeda.

Seminar Nasional  diadakan di Hotel Emersia Bandar Lampung dan dibuka oleh Pembantu Rektor III Prof.Dr. Sunarto, S.H., M.H dengan tema “Peran Riset Teknik Mesin Dalam Membangun Daya Saing dan Kemandirian Bangsa “.
Topik materi meliputi Konversi Energi, Manufaktur, Mekanika Terapan, Material, dan Pendidikan Teknik Mesin di hadiri oleh pemateri utama dari Jepang, Malaysia dan kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dengan pemakalah yang berjumlah cukup banyak dari nasional dan internasional sampai – sampai di buka satu ruangan khusus kelas internasional dengan moderator khusus dari JSME.
“Bukan hal yang mudah menjadi tuan rumah di ajang bergengsi Seminar Nasional tentu banyak kendala yang terjadi namun dengan semangat dan kerja keras dapat di lalui dengan mudah tentu dengan dukungan berbagai pihak” lebih lanjut Bapak Gusri menjelaskan. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut dilakukan persiapan selama tiga bulan dengan kepanitiaan yang melibatkan Dosen dan Mahasiswa. Kegiatan ini di sponsori oleh PT Sugar Group Companies, AutoDesk (Tekno+Logika),Kawan Lama, Esindo Karya Lestari, PT Gunung Madu, dan PT Sahabat Motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar